10.02
0
Toyota Yaris vs Honda Jazz
Artikel Honda Jazz, Jakarta – Dua produsen mobil terkenal di Indonesia yakni Toyota dan Honda telah resmi merilis mobil andalan di segmen hatchback yakni New Toyota Yaris dan New Honda Jazz. Persaingan kedua mobil baru ini akan semakin sengit dimana keduanya menyajikan fitur dan harga yang menarik.

Honda Jazz dan Toyota Yaris adalah dua musuh sejati dalam segmen Hatchback, meski di kelas ini masih ada Ford Fiesta, Mazda2 dan Suzuki Swift.

Persaingan antara Honda Jazz dan Toyota Yaris semakin memanas setelah strategi Toyota yang memproduksi lokal Toyota Yaris di pabrik Toyota Karawang II, Kawasan Industri International Karawang setelah sebelumnya model Toyota Yaris di impor langsung dari Thailand. Langsung saja kita bedah persaingan kedua mobil ini mulai dari eksterior hingga harga mobil keduanya.

Eksterior

All New Honda Jazz dan New Toyota Yaris adalah dua mobil dengan model baru yang diluncurkan tahun 2014, dimana New Toyota Yaris lebih dahulu diluncurkan oleh Toyota.

Berbicara mengenai desain eksterior, kedua mobil memperlihatkan desain segar dan dikhususkan untuk pembeli muda yang ada di Indonesia.

Bagian depan Honda Jazz mendukung desain ciamik dengan perubahan pada desain lampu LED Headlight dengan Auto Leveling, LED Position Lamp, Front Grill dengan Dark Chrome Plating, Emblem RS pada Front Grill, Rear Combination Lamp & LED Stop Lamp dan Tailgate Spoiler yang lebih Sporty. Selain itu desain baru pada Velg 16 inchi semakin membuat New Honda Jazz menjadi Hatchback yang sporty.

Sedangkan Toyota Yaris perubahan terjadi pada lampu depan yang sudah menggunakan head lamp, namun untuk tipe Yaris E belum tersedia. Varian tertinggi Toyota Yaris S TRD Sportivo telah dilengkapi body kit sporty lengkap dengan LED DRL (Daytime Running Light).

Yaris tipe G dan S TRD menggunakan pelek 16 inci dengan ban ukuran 195/50. Sedangkan untuk tipe E, ukuran bannya 185/60 dengan velg 15 inch.

Interior

Desain kabin kedua mobil ini baru semua. Honda memberikan kemudi All New Honda Jazz telah dilengkapi Leather Steering & Shift Knob dan Audio Steering Switch Control yang memudahkan pengemudi mengatur volume audio tanpa memindahkan tangan dari gagang kemudi.

Selain itu Honda Jazz dilengkapi Cruise Control yang berfungsi menggerakkan kendaraan tanpa menekan pedal akselerasi. Satu fitur keren lainnya adalah fitur One Push Ignition System, Tombol yang memudahkan untuk menyalakan dan mematikan mesin mobil tanpa menggunakan anak kunci.

Honda Jazz memiliki fitur multimedia yakni system audio dengan monitor sentuh 6,1 inchi yang bisa digunakan menikmati video dengan berbagai format. Selain itu terdapat USB yang dapat dihubungkan dengan aplikasi Iphone 4 dan Iphone 4s melalui kabel opsional.

Untuk melengkapi kenyamanan terdapat pula Front Armrest Console, Auto Door Lock, Tweeter Speakers, dan ISOFIX di kursi bagian belakang.

Lanjut ke Interior Toyota Yaris perubahan terjadi pada posisi speedometer yang sekarang berada di depan pengemudi. Pada generasi sebelumnya speedometer berada di tengah dasbor.

Untuk varian TRD Sportivo sudah tersedia keyless entry dengan push start stop engine button, steering audio control dan setir dibalut dengan bahan kulit.

Mesin

Toyota Yaris masih menggunakan mesin kode 1NZ-FE, 1.500 cc 4 silinder 16 Valve DOHC VVT-i. Mesin ini masih sama dengan Yaris versi sebelumnya dan tidak ada perubahan.

All New Honda Jazz menggunakan mesin 1,5L SOHC i-VTEC 4 silinder. Mesin ini menggabungkan performa berkendara dan efisiensi bahan bakar dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.800 rpm.

Pada generasi ketiga ini, All New Honda Jazz telah mengaplikasikan transmisi CVT Earth Dreams Technology, yaitu memakai Torque Converter sebagai penyalur tenaga dari engine. Selain itu juga rasio drive dan driven pulley yang meningkatkan torsi awal menambahkan kesan fun to drive.

Transmisi CVT disempurnakan dengan tingkat gesekan yang rendah, mengurangi hentakan yang terjadi saat perpindahan gigi untuk kenyamanan berkendara. Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan tetap hemat bahan bakar di putaran tinggi.

Fitur keamanan

Semua varian All New Honda Jazz juga menawarkan standar keselamatan tertinggi di kelasnya lewat fitur-fitur keselamatan seperti struktur rangka bodi dengan teknologi G-Force Control Technology (G-CON) + ACETM, Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD), Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, serta ISOFIX sebagai pengait kursi bayi di kursi belakang.

Sementara keamanan All New Honda Jazz telah dilengkapi dengan Alarm System dan Immobilizer.

Selain itu, All New Honda Jazz juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan. Sewaktu akan memasuki mobil, Smart Entry memudahkan pengemudi untuk membuka kunci kendaraan. Kunci cukup disimpan di dalam saku dan kunci akan terbuka secara otomatis ketika tangan berada di handle pintu.

Dan Toyota Yaris terbaru sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag juga dengan sabuk keselamatan tiga titik dengan pretensioner dan force limiter di jok penumpang dan pengemudi. Toyota yaris terbaru pun dilengkapi dengan energy absorbing body structure dan high strengh body frame.

Selain itu Toyota Yaris terbaru dilengkapi dengan rem berfitur Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution dan Brake Assist (BA).

Harga

Untuk perbandingan harga, Harga Honda Jazz Terbaru lebih murah yakni mulai harga Rp. 199 – Rp. 248 Juta. Sedangkan Harga Toyota Yaris dibandrol dengan harga Rp. 219,2 hingga Rp. 256,1 Juta.

Kesimpulan

Kesimpulan dari perbandingan antara Toyota Yaris dan Honda Jazz adalah masing-masing mobil memiliki keunggulan tersendiri. Namun Penulis lebih condong ke New Honda Jazz dikarenakan banyak perubahan yang dilakukan oleh Honda pada mobil Honda Jazz terbaru ini. Sedangkan untuk Toyota Yaris menurut penulis, Toyota hanya melakukan perubahan kecil atau bisa dibilang hanya facelift tapi semua tergantung ke penilaian masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar